another part

Saturday, October 6, 2012

Israq Abimanyu

Hello Friends!
Apa kabar? Semoga baik selalu ya:) Me too... Makanya, aku pengen banget posting ini berita. Mungkin juga udah banyak yang tau, tapi aku tetep pengen sharing. Sudahkah kalian mendengar nama Isyraq Abimanyu atau yang lebih akrab disapa Abi? Nah, jika belum, ini dia Abi :)



Abi ganteng kan? Iyadong.. Abi adalah putra pertama dari pasangan Tri Mulyani dan Sudiro Wiharja. Sekarang, Abi berumur 10 tahun daaaaaaaaaaaaan dia mau ulang tahun yang ke sebelas pada tanggal 15 oktober nanti.

Nah, aku tau dari mana tentang abi? Pas aku buka twitter trus iseng ngesearch2 gitu, aku nemu akun @AbiBangun trus aku kepoin tweetnya. ternyata Abi udah koma selama 68 hari dan akun tersebut diwakili oleh mbak Azza @__azza yang dimaksudkan agar Abi bisa mendapat bantuan dan support dari banyak orang. nah.. berikut saya copykan dari blog mbak azza. Foto-foto ini juga aku ambil dr blog mbak Azza atas ijin dari beliau :)

SEKITAR semingguan yang lalu saya mendapat BBM dari Nuli bahwa ada seorang anak yang sudah sebulan lebih koma di RS UKI. Ia bertanya apakah saya ingin menitip sumbangan. Saya tidak sempat balas karena saat itu sedang meeting. Namun dalam hati saya sudah niatkan membantu. Dan saya, seperti biasa, berusaha menepati janji. Berjanji tandanya sudah mengirim sebagian jiwa kita ke tujuan itu. Begitu kata orang bijak. Dan niat, Teman, meski dalam hati adalah janji :)

Akhirnya kemarin saya sempat mengunjungi anak itu. Jam 3 saya janjian dengan Mbak Tri, mama anak tersebut. Pertama kali melihat Mbak Tri dan Mas Sudiro, saya bisa melihat melihat jelas kesedihan di mata mereka. Namun bercampur dengan ketabahan, syukur, dan kepasrahan. Dari awal, hati saya dipenuhi rasa kagum terhadap pasangan ini.

Mbak Tri bercerita bahwa jagoannya berumur 10 tahun, dan bernama Abi, singkatan dari Abimanyu. Nama lengkapnya Israq Abimanyu.


Abi, sang ksatria dalam pewayangan
Abi menggemari Bruno Mars dan komik Conan. Dia juga sangat menyukai games, komputer, internet dan berenang. Namun ada satu hal yang sangat-sangat identik dengan Abi; wayang!
Dia penggemar berat wayang. Sampai-sampai ketika adiknya lahir 8 bulan lalu, Abi ikut memberikan nama. Parikesit. Itu nama yang ia pilih untuk adiknya. Alasannya,
"Aku ingin adikku jadi raja, Ma. Di wayang, Parikesit itu raja. Sementara Abimanyu adalah ksatria." Kesit, begitu nama panggilan adiknya.
Abi senang berenang

"Abi biasa saya sebut si lembut hati. Kalau baca puisi yang mengharukan, dia bisa menangis. Begitu juga menonton film yang sedih. Gampang dia berlinang air mata. Anaknya kalem, nggak ngerepotin, dan penurut," mata Mbak Tri berkaca-kaca menceritakan tentang anak sulungnya itu. Terlihat jelas ia bangga.

Lalu datanglah cobaan itu. Awalnya Abi operasi usus buntu. Dan setelah itu kerap merasa pusing dan mual. Meski ia masih bisa beraktifitas, namun tentu saja itu membuat keluarganya khawatir. Apalagi Abi jarang sekali sakit. Setelah sebulan minum obat pusing, maag, penahan rasa sakit dan lain-lain, akhirnya pemeriksaan lari ke CT scan. Lalu ketahuan bahwa ada tumor di kepala Abi. Ukurannya kurang lebih 3 cm, dan ganas. Tindakan pun dilakukan. Segera dioperasi dilakukan. Awalnya penyedotan cairan kepada dilakukan dan sukses. Setelah itu, mereka melanjutkan dengan operasi mengangkat tumor di kepala Abi. Dokter sudah memberitahukan risikonya 50:50. Setelah selesai operasi pertama, Abi tanpa gentar menyetujui operasinya yang kedua.

Abi dan Adek Parikesit
 "Mama nanti akan ada di ruangan kan saat aku dioperasi? Nanti kalau habis operasi aku langsung panggil Mama ya?" begitu katanya. Saya membayangkan wajahnya yang tanpa takut menghadapi operasinya itu. Hebat sekali kamu, Bi!

Mata Mbak Tri tergenang air, meski tak ada yang turun. Sama seperti mata saya.  Dan sejak saat itu, Abi belum terbangun. Dokter mengatakan harusnya 1x24 jam dia sudah bangun. Tumor berhasil diangkat 70%. Masalahnya, Abi belum bangun. Dan secara medis mereka tidak tahu penyebabnya. Lalu apa yang bisa mereka lakukan? Berusaha mempertahankan hidup Abi.

Sehari di ruang ICU RS Uki, biaya yang mereka keluarkan untuk ruangan dan lain-lain kurang lebih Rp 4 juta/hari. Dan untuk obat-obatan kurang lebih Rp 1 juta. Saat mempersiapkan operasi Abi, mereka sudah menjual aset yang bisa dijual, namun tetap saja; bagaimana kalau dana sudah habis? Alhamdulillah, mereka sempat mendapat Surat Keterangan Tanda Miskin, dan hanya membayar 25% dari total tagihan. Namun, maksimal pengeluaran untuk SKTM adalah Rp 125 juta, dan jumlah itu habis dalam waktu 1 bulanan saja. Sekarang mereka sedang berusaha mengurus SKTM lagi, sebab mereka tidak tahu kapan Abi akan bangun.

Saat jam 17.00, saya bisa masuk menjenguk Abi. Saat saya menyentuh tangannya, kepala Abi bergerak. Saya tersenyum. Saya remas tangannya pelan. Saya doakan dia dengan setulus mungkin. Ada getaran mengalir dari tubuhnya ke tubuh saya, dan begitu sebaliknya. Abi tahu saya datang, dan kami berkomunikasi dalam bahasa  yang ajaib. "Fight for me," entah saya berkhayal atau tidak, tapi itu yang saya rasakan.

Abi, 22 September 2012
Abi & Mbak Tri

Saya melihat Mbak Tri berkomunikasi dengan Abi. Kasih sayang begitu tulus dan sempurna. Sempurna. Beginilah kasih manusia seharusnya. "Saya tahu pasti Allah SWT sayang sekali sama Abi. Tapi saya mohon, seandainya boleh, saya mohon diberi kesempatan untuk merawat dan membesarkan Abi. Beri saya kesempatan lagi..." Mbak Tri mencurahkan hatinya.

Mbak Tri mengelus kepala Abi, menciuminya, membisiki telinganya, dan terkadang, kepala Abi bergerak.

"Abi, bangun, Nak..."
Dan saya pun pergi, membiarkan mereka berbagi momen indah itu berdua.

Bangun, Abi! Main Yuk? :)


                                                                    ============

Teman-teman, yuk kita bantu Abi :)
1. Sumbang uang semampu yang kita bisa. Tidak ada uang yang terlalu kecil jumlahnya untuk menolong seorang anak yang butuh bantuan.
2. Doakan Abi setulus mungkin. Allah SWT pasti mendengar doa kita. Ayo kita tanpa jemu mendoakan Abi.
3. Sebarkan berita ini, lewat BBM, Twitter & FB. Biar semakin banyak orang yang membantu Abi. Beri link ke blog ini.

Berikut adalah nomor rekening Mbak Tri.
TRI MULYANI
BRI UNIT TONGKOL JAKARTA
0869-01-002062-50-7

update:
tadi ada beberapa teman yang email saya kesulitan transfer ke rekening Mbak Tri, saya tanyakan lagi ke beliau dan ada 2 rekening lagi: 1 punya ayah Abi, 1 punya Abi sendiri.

Rekening Abi yang dipegang Mamanya.
ISRAQ ABIMANYU QQ TRI MULYANI
BTN CABANG CIBITUNG BEKASI
00016-01-51-006626-4

rekening Papanya Abi
SUDIRO WIHARJA
BANK PERMATA CABANG JAMBI
4001164290

Semua cerita ini adalah benar, bukan hoax. Saya, Azza Waslati saat ini bekerja sebagai Project Director untuk Dress Me Up oleh dr.m, yang meluncurkan fashion line milik Tantri "Kotak" dan Giselle. Saya sebelumnya juga merupakan VP Marketing & Sales untuk Solvo (solvo.co.id), Marketing Director untuk Dealkeren.com, Creative Director untuk m-STARS, dan wartawan di Her World, Cita Cinta, MTV Trax magazine, Bintang Millenia. Mantan Penyiar radio di MGT FM Bandung, X Radio Bandung, dan produser di Hard Rock FM Bandung.

Saya bertemu langsung dengan Mbak Tri, mama Abi di RS UKI, Jakarta untuk meminta ijin membuat tulisan ini. Email saya (Azza) miogagaro@yahoo.com. Saya tidak bisa membagikan telpon Mbak Tri karena kasihan beliau punya bayi dan harus fokus mengurus Abi. Namun, saya bersedia dihubungi kapan saja untuk membantu. Terima kasih.

Untuk bantuan teman-teman, dari hati paling dalam dan paling tulus, saya mengucapkan terima kasih. Let's save humanity. Show love & compassion. Bless you all.

No comments:

Post a Comment