another part

Thursday, February 23, 2012

Orang Bilang

"Orang bilang aku menyia-nyiakan kesempatan
Tapi AKU BILANG,
aku memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya"

ini tentang apa?
tentu saja SNMPTN Undangan.

Hai semua, kali ini aku mau cerita seputar perjalanan menuju SNMPTN Undangan.

Tahun ini, SNMPTN Undangan mengubah peraturan. Tahun lalu, dari sekolah RSBI diberi kesempatan mengirimkan 75% peringkat kelas siswa-siswinya pada semester 5 saja, yaitu semester 1 kelas 12. Tapi, tahun ini, kebijakannya berubah. sekolah Unggulan/RSBI hanya diperbolehkan mengirim 50% peringkat 'PARALEL' yang 'KONSISTEN' dari semester 3 sampai semester 5. Maksudnya, kalo mau ikut SNMPTN Undangan, harus masuk 50% peringkat paralel selama semester 3 sampai semester 5. Dan Alhamdulillah aku masuk:')

Untuk SNMPTN Undangan, kita diberi kesempatan untuk memilih 2 universitas dan untuk masing-masing universitas diberi dua pilihan. Padahal tahun lalu untuk masing-masing universitas diberi 3 pilihan. Lagi-lagi kebijakan berubah. Pada awalnya, aku memutuskan untuk mengambil semua kesempatan itu. Yaitu dengan cara mengisi keempat kesempatan yang diberikan. Pilihan pertama UGM ambil HI dan Ilmu Komunikasi lalu pilihan kedua UNDIP ambil HI dan psikologi. Lalu, kenapa berubah? Berikut pertimbanganku.

1. Kalo kita tidak diterima (naudzubillah) di universitas pilihan pertama, otomatis kita akan dilanjutkan diterima di pilihan kedua. Itu berarti aku akan kehilangan kesempatan mengikuti SNMPTN Tulis. Dan menurutku itu yang disebut menyia-nyiakan kesempatan EMAS.

2. Ayah bilang, ikuti dulu semua prosedurnya, ada pendaftaran, daftar, ada pendaftaran, daftar. Pokoknya kejar dulu apa yang dipengen, jangan sampai nanti nyesel pas udah keterima. Aku boleh pilih jurusan apa saja yang penting jurusan itu aku suka dan aku sanggup menyelesaikannya sampai akhir:)

3. Kenapa aku pilih UGM? Jawabannya simpel. Karena dekat dengan rumah. Aku mikirnya, nanti kalo aku udah kuliah kan pasti bawa kendaraan, jadi pasti lebih mudah kalo jalannya lurus, gga naik turun. Dan aku udah hafal sebagian besar jalan. Dan..dan..dan.. Ya pokoknya JOGJA. Aku suka Jogja:)

4. Kenapa ambil HI? Karena aku suka bahasa Inggris. Karena aku pengen cari beasiswa ke luar negeri. Dan entah karena apa, tapi aku pengen masuk HI :)

5. Kenapa pilihan kedua ambil Psikologi? Kenapa gga jadi Ilmu Komunikasi? Sebenarnya, sejak aku masih kecil, aku pengen banget jadi Dokter Jiwa. Pengen kerja di RSJ. PENGEN BANGET!! Dan aku suka mempelajari orang-orang. Dan alasan-alasan lain yang tidak bisa kusebutkan satu persatu:D

Tapi tapi tapi.. Apapun jalanku nanti, aku yakin, ALLAH KASIH AKU YANG TERBAIK. Selama aku sudah berusaha memperjuangkan cita-citaku. ALLAH SELALU KASIH AKU YANG TERBAIK.

Keep fighting! And WISH ME LUCK, guys!!

No comments:

Post a Comment